Mahasiswa IAIN Cirebon Kembali Torehkan Prestasi Nasional Jurai Lomba Game Pembelajaran

- 14 Mei 2022, 06:41 WIB
Safitri Mahasiswa IAIN Cirebon juara nasional grimsipen
Safitri Mahasiswa IAIN Cirebon juara nasional grimsipen /

KLIK CIAYUMAJAKUNING- Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon patut diacungi jempol karena kembali mendulang prestasi diajang nasional. Kali ini prestasi diraih oleh Kaffah Hemas Safitri (21) Mahasiswa Semester 6, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. 

Dia memenangkan lomba media pembelajaran, kategori game pembelajaran yang diadakan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Menurut Ketua Tim Ahmad Mubarok, jenis lomba yang diikuti adalah lomba pembelajaran tingkat nasional, yang diikuti secara online dan digelar selama 37 hari.

Pada kegiatan ini, persiapan dilakukan secara berkala dan maksimal, terutama dengan menggunakan laptop dan gawai.

“Bekal utama didapat saat mata kuliah digitalisasi pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran. Pengkodingan dalam game menggunakan referensi dari youtube. Gim Edukasi Cerpen (Gimsipen) juga dapat diakses tanpa mendownload aplikasi, yakni menggunakan link,” terangnya, Sabtu (14/5).

Ahmad Mubarok juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut tidak semulus dari apa yang dibayangkan. Ada kendala utama yang harus disiasati, terutama pada segi waktu.

“Kendala waktu ini, karena persiapan dilakukan ketika jadwal kuliah sedang padat. Bahkan ujian tengah semester dan beberapa kegiatan organisasi lain memiliki waktu yang bersamaan. Sehingga harus bisa memenej waktu dengan baik serta mencoba melakukan perbaikan setiap harinya dari game pembelajaran yang sedang dibuat,” katanya.

Sementara itu, Kaffah Hemas Safitri, sang juara yang dinobatkan sebagai juara 1 pada ajang nasional di kategori game pembelajaran menegaskan, untuk menjadi juara harus memiliki motivasi yang kuat.

Kuatnya motivasi ini, kata Safitri, karena adanya dinamika peran media pembelajaran pada masa transisi ini yang dirasa perlu strategi. Salah satunya melalui game edukasi.

“Gimsipen yang kami buat ini menawarkan peluang generasi digital untuk mempraktikkan penalaran induktif, keterampilan visual, dan kapasitas peserta didik dalam mengintegrasikan berbagai pembelajaran. Gimsipen memungkinkan pemain menyelesaikan konflik kognitif melalui siklus dan mekanisme yang mengarah pada pembelajaran,” jelasnya.

Halaman:

Editor: M. Kemal


Tags

Terkini